sugeng rawuh di blogku: kharispradana.blogspot.com ^_^

Jumat, 24 Februari 2012

BSM-Care, Sebuah Pengantar Sederhana


Sebagaimana yang pernah saya gagas ketika ada kompetisi yang diadakan Bank Syariah Mandiri beberapa waktu yang lalu, BSM-Care merupakan singkatan dari “Belajar Sains Mingguan – Cerdas Aktif Riang Edukatif” bersama Anak Merapi.

Disini saya akan menjelaskan sekilas tentang program ini, maksud serta tujuan diadakan program ini untuk adik-adik Merapi.
BSM Care merupakan rencana program bersama yang rencananya akan diadakan oleh departemen Sosmas KAMDA Sleman, Kidz Smile Foundation, dan Gerakan KAMMI Mengajar.

Program ini ditujukan untuk lebih dari 1000 anak korban erupsi Merapi 2010 mulai dari PAUD hingga SMP (usia 4-14 tahun), yg tinggal di 8 shelter (hunian sementara) Cangkringan. BSM-Care akan rutin setiap minggu mengisi kegiatan sains untuk adik-adik Merapi bergiliran di tiap shelter.

Di BSM Care ini, adik-adik akan kita panggil Ilmuwan Cilik Merapi, dan relawannya akan dipanggil kakak sains. Kakak sains akan mengkonsep kegiatan yang akan dilakukan maupun yang akan menjadi fasilitator BSM-Care ketika kegiatan. Kakak sains yang akan mengkonsep kegiatan-kegiatan ini adalah kakak-kakak relawan yang memiliki kepakaran di bidang kuliah masing-masing.

Program unggulan BSM-Care:
1.Praktik Sains Sederhana
2.Observasi Alam Semesta
3.Olimpiade Sains Anak Merapi

Di poin pertama, kita akan mengajak adik-adik untuk melakukan percobaan sains sederhana. Selain mengajak adik-adik untuk langsung mempraktikkan eksperimen-eksperimen tersebut, poin ini juga sekaligus mengajari adik lebih mendalam tentang pelajaran-pelajaran sains: matematika, biologi, fisika, astronomi, geologi, dll.

Di poin kedua, kita akan mengajak adik-adik keluar rumah/shelter, bermain di alam. Dari hutan kita akan mengajak mereka untuk mengenal nama-nama latin pohon, hewan, dan sebagainya yang ada dihutan. Dari sungai kita akan belajar tentang energi potensial, massa jenis air, hukum archimides sederhana, dan masih banyak lagi tentunya.

Di Lereng Merapi kita juga akan belajar tentang bagaimana terjadinya letusan gunung Merapi, bagaimana antisipasi dan bentuk siaganya. Tentu saja kita juga sekaligus belajar kearifan lokal Merapi dari mereka – para Ilmuwan Cilik Merapi.

Di “Observasi Alam Semesta” juga, bersama adik-adik kita akan membicarakan manfaat yang dapat kita diambil dari hutan, sungai, angkasa, gunung, dan sebagainya. Dan tentu saja disana kita akan belajar, menyadari, dan mensyukuri nikmat Allah yang diperlihatkan melalui pepohonan, angin, kicau burung, gemercik air, dan kebesaran-kebesaranNya yang lain.

Jadi aspek sains yang akan dikenalkan ke adik-adik disini pada hakikatnya luas dan saling berhubungan dengan aspek-aspek kehidupan lainnya: seni, budaya, religi, sosial, dan seterusnya.

Poin ketiga, di olimpiade sains Anak Merapi kita akan mengajak adik-adik di shelter-shelter Merapi untuk bertemu, menguji pemahaman mereka tentang ilmu sederhana yang kita ajarkan selama BSM-Care.

Harapannya dengan diadakannya kompetisi ini akan menjadi pemantik semangat adik-adik dalam menuntut ilmu, mengikat ukhuwah – tali persaudaraan adik-adik Merapi, serta menjadi wadah untuk kita, para kakak sains untuk mengevaluasi program BSM-Care ini, sejauh mana kefahaman dan kebermanfaatan program ini untuk para Ilmuwan Cilik Merapi.

Tentu saja program ini mengedepankan CARE (Ceria Aktif Riang Edukatif) - pembelajaran yang (C)erdas - Ilmuwan Cilik yang (A)ktif - kakak sains dan suasana belajar yang selalu (R)iang - dan tentu saja aspek (E)dukatif disetiap aktivitas yang dilakukan.

Ini adalah gambaran sederhana tentang program BSM Care versi saya. Terlaksana atau tidaknya program ini tergantung tanggapan rekan-rekan semua. Jadi, mohon masukkannya ^_^

Sabtu, 14 Januari 2012

Kharis Pradana, ditulis sebagai gambaran awal program departemen Sosial Masyarakat KAMDA Sleman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar